Pengertian Reklame, Media Dan Tujuan Reklame

Pengertian Reklame
Reklame berasal dari bahasa Latin yaitu "Re" yang artinya berulang-ulang, dan "Clamo" yang artinya berseru. Jadi, Reclamo artinya berseru berulang-ulang. Pengertian Reklame yakni suatu tindakan yang ditujukan untuk menarik perhatian orang atas suatu jenis barang atau jasa dengan cara membangkitkan minat dan kemauan seseorang untuk mempunyai atau menggunakan jasa tersebut.

Reklame juga sanggup diartikan sebagai upaya seseorang atau organisasi tertentu untuk memperkenalkan suatu barang atau jasa, ide, aktivitas dengan mengadakan propaganda atau pengumuman dalam rangka untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Secara sederhana reklame dilakukan seorang penjual bakso dengan memukul mangkok berulang-ulang dengan cita-cita pelanggan/ masyarakat mengetahui dan membeli.

Media Reklame
Ada banyak sekali media yang dipakai untuk melaksanakan kegiatan reklame. Media tersebut antara lain.
1. Media Audio
Media audio yakni media yang menggunakan suara, bunyi, atau suatu tanda sebagai media untuk memberikan informasi yang sanggup dinikmati melalui indera pendengaran. Contoh reklame dengan media audio ini diataranya, Radio, Pengeras suara, bunyi tanda (seperti bunyi piring penjual bakso, penjual eskrim, dll).
2. Media Visual
Media visual yakni media yang menggunakan gambar dan goresan pena sebagai media untuk memberikan informasi yang sanggup dinikmati dengan indera penglihatan. Contoh reklame dengan media visual diataranya, poster, stiker, spanduk, baliho, dll.
3. Media Audio Visual
Media audio visual yakni media yang menggunakan bunyi dan gambar sebagai media untuk memberikan informasi yang sanggup dinikmati dengan indera penglihatan dan pendengaran. Contoh reklame dengan media audio visual diantaranya, Televisi, bioskop, iklan video di internet.

Tujuan Reklame
Menurut tujuannya, reklame sanggup dibedakan menjadi dua, diantaranya sebagai berikut.
1. Reklame Komersial
Reklame komersial yakni reklame dengan tujuan untuk mempromosikan barang atau jasa kepada masyarakat. Reklame komersial ini mempunyai tujuan hemat untuk meningkatkan keuntungan. Reklame komersial banyak dilakukan oleh perusahaan niaga, produsen alat atau barang kebutuhan manusia. Berikut pola reklame komersial.

 yakni suatu tindakan yang ditujukan untuk menarik perhatian orang atas suatu jenis baran Pengertian Reklame, Media dan Tujuan Reklame
Contoh Reklame Komersial

2. Reklame Nonkomersial
Reklame nonkomersial adalah reklame yang bertujuan untuk menawarkan penjelasan, pemberitahuan, penerangan, himbauan atau permintaan kepada masyarakat supaya melaksanakan isi pesan. Reklame nonkomersial banyak dilakukan oleh instansi, contohnya himbauan untuk tertib berlalu lintas, membayar pajak, donor darah, dll. Berikut pola reklame nonkomersial.

 yakni suatu tindakan yang ditujukan untuk menarik perhatian orang atas suatu jenis baran Pengertian Reklame, Media dan Tujuan Reklame
Contoh Reklame Nonkomersial

Baca juga: 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis-Jenis Mistar Untuk Menggambar Teknik

Seni Tari Di Indonesia, Sejarah, Jenis, Dan Fungsi Seni Tari

Contoh Ragam Hias Nusantara Bab 1 (Motif Flora)