Cara Mencampur Warna Dengan Mudah

Cara Mencampur Warna dengan Mudah - Mengetahui cara mencampur warna yang baik dan benar sangat penting bagi kita yang ingin memakai aneka macam macam warna untuk mewarnai atau melukis, namun terdapat keterbatasan jenis warna yang kita miliki. Warna ialah salah satu unsur seni rupa yang terbuat dari pigmen (zat warna). Zat warna merupakan jenis materi kimia yang mempunyai efek/ kesan warna yang sanggup dinikmati dengan indera penglihatan. Untuk membuat aneka macam macam warna yang berbeda-beda sanggup kita lakukan dengan mencampurkan satu atau dua warna dengan warna lainnya. Untuk mempermudah dalam mencampurkan warna, sebaiknya ketahui dulu pembagian warna sesuai dengan kelompok warnanya.

Cara Mencampur Warna
Warna yang pertama atau sanggup dikatakan warna dasar  adalah Warna Primer (merah, kuning, biru). Warna primer merupakan warna dasar dan bukan adonan dari warna apapun. Warna primer tersebut apabila dicampurkan satu dengan yang lain akan membentuk kelompok warna turunan kedua yaitu Warna Sekunder (hijau, ungu muda, jingga). Selanjutnya ialah Warna Tertier (cokelat tua, hijau pudar, dan cokelat muda). Warna tertier merupakan warna turunan ketiga yang dihasilkan dari adonan tiga warna primer atau warna primer dengan sekunder atau warna sekunder dengan sekunder. Lebih jelasnya lihat skema pencampuran warna berikut ini.

Warna Primer
  • MERAH
  • KUNING
  • BIRU
Warna Sekunder
  • MERAHKUNING = JINGGA
  • KUNING + BIRU = HIJAU
  • MERAH + BIRU = UNGU MUDA
Warna Tertier
  • JINGGA + HIJAU = COKLAT MUDA
  • JINGGA + UNGU MUDA = COKLAT TUA
  • HIJAU + UNGU MUDA = HIJAU PUDAR
Cara Membuat Warna Hitam
Warna hitam merupakan kelompok Warna Netral (putih, hitam). Warna hitam sanggup dibentuk dengan mencampurkan tiga warna primer (merah, kuning, biru), dengan adonan yang pas sanggup menghasilkan warna hitam pekat. Untuk penggunaan warna hitam pada dikala melukis dengan cat minyak atau cat air disarankan tidak memakai cat warna hitam (bukan hasil campuran). Warna hitam bukan hasil adonan sering membuat pudar dan mematikan warna, kesannya menghilangkan kejelasan warna. Untuk itu, disarankan memakai warna hitam hasil adonan warna.

MERAH + BIRU + KUNING = HITAM

Warna Komplementer
Komplementer artinya sama dengan kebalikan. Seperti warna HITAM adalah komplementer/ kebalikan dari warna PUTIH. Setiap warna niscaya mempunyai warna kebalikannya. Warna komplementer/ kebalikan juga sanggup dipakai untuk evaluasi kontras warna, alasannya ialah mempunyai perbedaan warna yang mencolok. Warna komplementer/ kebalikan diantaranya ialah HITAM/ PUTIH, KUNING/ UNGU MUDA, JINGGA/ BIRU, MERAH/ HIJAU.

Mencampurkan dua warna kebalikan atau komplementer apapun dengan jumlah yang sama, maka akan menghasilkan warna abu-abu. Lihat denah pencampuran warna berikut ini.

Membuat Warna Abu-Abu
  • HITAM + PUTIH = ABU-ABU
  • MERAH + HIJAU + PUTIH = ABU-ABU
  • KUNING + UNGU MUDA + PUTIH = ABU-ABU
  • JINGGA + BIRU + PUTIH = ABU-ABU
Membuat Warna Muda
Untuk membuat warna muda dari jenis warna apapun sanggup dilakukan dengan mencampurkan warna putih. Dengan mencampurkan warna putih secara bertahap, contohnya MERAH + PUTIH, MERAH ++ PUTIH, MERAH +++ PUTIH, maka akan menghasilkan warna merah muda dan semakin muda sesuai yang diinginkan.

Warna Monokromatis dan Polikromatis
Warna monokromatis ialah warna dari hasil pencampuran warna primer dengan warna hitam atau putih. Pencampuran warna primer (merah, biru, kuning) dengan warna putih akan menghasilkan warna muda. Sedangkan pencampuran warna primer (merah, biru, kuning) dengan warna hitam akan menghasilkan warna tua. Untuk membuat warna monokromatis silahkan mencampurkan warna hitam atau putih dengan warna primer secara bertahap.

Warna polikromatis ialah warna hasil pencampuran warna sekunder dengan warna hitam atau putih. Pencampuran warna sekunder (hijau, ungu muda, jingga) dengan warna putih akan menghasilkan warna muda. Sedangkan pencampuran warna sekunder dengan warna hitam akan menghasilkan warna tua. Lebih jelasnya lihat denah warna monokromatis dan polikromatis berikut ini.

 Mengetahui cara mencampur warna yang baik dan benar sangat penting bagi kita yang ingin m Cara Mencampur Warna dengan Mudah
Bagan warna monokromatis dan polikromatis

Membuat Warna Hijau
Warna hijau yang berbeda-beda sanggup dibuat dengan menyiapkan tiga warna biru (ultramarine, cerulean blue, prussian blue), tiga warna kuning (lemon yellow, cadmium yellow, yellow ochre), dan putih. Dengan mencampurkan warna tersebut satu dengan yang lain (seperti contohnya ULTRAMARINE + LEMON YELLOW + PUTIH = HIJAU) kau sanggup membuat denah warna dengan 25 warna hijau yang berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan denah warna berikut ini.
 Mengetahui cara mencampur warna yang baik dan benar sangat penting bagi kita yang ingin m Cara Mencampur Warna dengan Mudah
Bagan cara pembuatan warna hijau

Demikian "Cara Mencampur Warna dengan Mudah" yang sanggup kami sampaikan. Semoga sanggup menawarkan tambahan pengetahuan bagi pembaca. Baca juga artikel seni lainnya di situs SeniBudayaku.com.

Baca juga:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Gambar Perspektif Dan Jenis Perspektif Dalam Seni Rupa

Seni Tari Di Indonesia, Sejarah, Jenis, Dan Fungsi Seni Tari

Pengertian Tangga Nada Dan Macam-Macam Tangga Nada