11 Pengertian Seni Tari Dan Unsur-Unsur Keindahan Tari

11 Pengertian Seni Tari dan Unsur-Unsur Keindahan Tari - Seni tari yaitu gerak terangkai dan berirama sebagai ungkapan jiwa atau verbal insan yang di dalamnya terdapat unsur keindahan wiraga/ tubuh, wirama/ irama, wirasa/ penghayatan, dan wirupa/ wujud.

Jika pembaca melihat suatu pertunjukan tari, maka dari sekian banyak elemen yang terdapat di dalamnya, ada satu elemen yang paling penting, yaitu gerak. Seorang kritikus dari Amerika Serikat yaitu John Marin dalam bukunya yang berjudul The Modern Dance, mengemukakan bahwa gerak yaitu pengalaman fisik yang paling elementer dari kehidupan insan (Soedarsono, 1978) Dengan kata lain selama masih hidup, insan itu selalu bergerak.

Dengan landasan elemen dasar tari yaitu gerak, maka para andal tari beropini bahwa tari itu lahirnya gotong royong dengan lahirnya manusia. Hal ini pertanda bahwa gerak yaitu media yang paling bau tanah untuk berkomunikasi atau merupakan bentuk refleksi impulsif dari gerak batin manusia.

Pengertian Seni Tari
Untuk menambah pemahaman ihwal pengertian seni tari perhatikan pendapat ihwal pengertian seni tari dari 11 pakar seni tari Indonesia dan mancanegara berikut ini.
  1. Seni tari (Drs. Soedarsono) yaitu verbal jiwa insan yang diungkapkan dengan gerak ritmis yang indah.
  2. Seni tari (B.P.H. Soeryodiningrat) yaitu gerak dari seluruh anggota tubuh yang selaras dengan suara musik (gamelan), diatur oleh irama yang sesuai dengan maksud dan tujuan dalam menari.
  3. Seni tari (Raden Mas Wisnoe Wardhana) yaitu verbal gerak dengan media tubuh insan (dalam bukunya Pengajaran Tari).
  4. Seni tari (Drs. Sudharso Pringgo Broto) yaitu keteraturan bentuk gerak tubuh dalam ruang.
  5. Seni tari (Drs. S. Humardhani) yaitu ungkapan bentuk-bentuk gerak ekspresif yang indah dan ritmis.
  6. Seni tari (Corrie Hartong; Belanda) yaitu keteraturan bentuk gerak tubuh yang ritmis di dalam suatu ruangan (dalam bukunya Dankunst).
  7. Seni tari (Curt Shach) yaitu gerak yang ritmis dan ekspresif.
  8. Seni tari (John Martin) yaitu perwujudan suatu tekanan emosi dalam bentuk gerak tubuh.
  9. Seni tari (Kamaladevi Chattopadhaya; India) yaitu gerakan-gerakan luar yang ritmis dan usang kelamaan mengarah kepada bentuk-bentuk tertentu.
  10. Seni Tari (Susanne K. langer) yaitu gerak-gerak yang dibuat secara ekspresif untuk sanggup dinikmati dengan rasa.
  11. Seni tari (La Mery; Inggris) yaitu gerak-gerak yang diberi bentuk dan ritmis dari tubuh di dalam ruangan (dalam bukunya Dance Composition).
Dari sekian pendapat ihwal seni tari di atas sanggup ditarik kesimpulan bahwa substansi atau materi baku tari yaitu gerak; gerak yang terangkai sehingga memuat ritme dan waktu di dalam ruangan. Dapat diartikan bahwa pengertian seni tari yaitu pengungkapan lewat gerak yang distilir/ digayakan dan berkesinambungan  yang di dalamnya terdapat unsur keindahan.

Unsur-Unsur Keindahan Tari
Seni Tari mempunyai empat unsur Keindahan. Yaitu; wiraga, wirama, wirasa, dan wirupa. keempat unsur keindahan tari tersebut merupakan satu ikatan yang membentuk harmony.
  • Wiraga (raga atau tubuh), yaitu gerak tubuh dari kaki hingga kepala, merupakan media pokok gerak tari. Gerak tari ini dirangkai dan digayakan sesuai dengan bentuk yang tepat. Misalnya seberapa jauh tubuh merendah, tangan merentang, kaki diangkat atau ditekuk, dan seterusnya.
  • Wirama, yaitu ritme/ tempo atau seberapa lamanya rangkaian gerak ditarikan serta ketepatan perpindahan gerak selaras dengan jatuhnya irama. Irama ini biasanya bersumber dari alat musik ritmis yang mengiringi, menyerupai gendang, gong, tifa, rebana, dan lain-lain.
  • Wirasa, yaitu perasaan yang diekspresikan lewat raut wajah dan gerak. Keseluruhan dari gerak tersebut harus bisa menjelaskan jiwa dan emosi dari sebuah tarian. Seperti sedih, senang, gembira, tegas, atau marah.
  • Wirupa (rupa atau wujud), yaitu memberi kejelasan gerak tari yang diperagakan melalui warna, busana, dan tata rias yang diubahsuaikan dengan peranannya.
Pembahasan lengkapnya silahkan klik Unsur-Unsur Keindahan Seni Tari, Lengkap
Fungsi Seni Tari
Tari merupakan ungkapan perasaan manusia. Perasaan diungkapkan dalam gerak yang indah. Namun, dalam kehidupan insan tari sanggup mempunyai macam-macam fungsi. Apa sajakah itu?

1. Tari sebagai Sarana Upacara
Tari yang berfungsi sebagai sarana dalam upacara disebut tari upacara, baik upacara keagamaan atau upacara adat. Tari upacara merupakan media persembahan dan pemujaan terhadap kekuasaan yang lebih tinggi. Maksud dari tari upacara yaitu untuk mendapat perlindungan, keselamatan, dan kebahagiaan bagi masyarakat.

Di beberapa kawasan di Indonesia tari upacara sering diadakan. Daerah itu antara lain Bali, Papua, Sumatra, Sulawesi, dan Kalimantan. Di Bali hampir semua upacara keagamaan dipenuhi oleh tari-tarian. Di Papua, Sumatra, Sulawesi, dan Kalimantan rangkaian upacara adatnya juga melibatkan tari-tarian. Sebagai referensi tari untuk upacara kelahiran, memotong gigi, perkawinan, bahkan tari untuk upacara kematian.

2. Tari untuk Mengungkapkan Kegembiraan dan Pergaulan
Tari yang berfungsi untuk mengungkapkan kegembiraan atau untuk pergaulan disebut tari hiburan. Gerak-gerak dalam tari hiburan tidak mementingkan keindahan. Gerak-gerak tarinya juga tidak sulit untuk diikuti. Gerak tarinya bahkan sanggup menggugah perasaan penonton untuk ikut menari. Hal terpenting dalam tarian ini yaitu keakraban para penari dalam mengungkapkan rasa gembira.

3. Tari sebagai Seni Tontonan
Seni tontonan disebut juga seni pertunjukan. Tari sebagai seni pertunjukan disebut tari pertunjukan. Sebagai seni pertunjukan, tari menyajikan keindahan-keindahan yang sanggup menghibur dan menunjukkan kepuasan bagi perasaan manusia. Oleh alasannya yaitu itu, tari pertunjukan diciptakan secara sungguh-sungguh dan penuh dengan kreativitas. Pengolahan gerak maupun unsur-unsur pendukungnya diperhatikan dengan cermat.

Tari pertunjukan dipentaskan di tempat-tempat yang khusus. Tempat itu sanggup berupa panggung tertutup atau panggung terbuka.

Demikian "11 Pengertian Seni Tari dan Unsur-Unsur Keindahan Tari" yang sanggup kami sampaikan. Semoga sanggup menunjukkan komplemen pengetahuan dan wawasan pembaca situs SeniBudayaku.

Baca juga:
Tari Piring, Sejarah, Asal Usul, dan Cara Menari Tari Piring
Seni Tari di Indonesia, Sejarah, Jenis, dan Fungsi Seni Tari
4 Contoh Seni Tari Tunggal Daerah Jawa Tengah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Gambar Perspektif Dan Jenis Perspektif Dalam Seni Rupa

Seni Tari Di Indonesia, Sejarah, Jenis, Dan Fungsi Seni Tari

Pengertian Tangga Nada Dan Macam-Macam Tangga Nada